Mana yang lebih baik ? Mozilla Firefox atau Internet Explorer ??

Statistik menunjukkan bahwa Internet Explorer merupakan web browser yang paling banyak penggunanya di dunia. Apakah ini berarti bahwa Internet Explorer lebih aman dibandingkan dengan browser lainnya seperti Firefox, Opera dan Safari?
Boleh saja Internet Explorer mengklaim sebagai browser yang paling banyak dipakai orang, namun bukan berarti bahwa browser tersebut paling aman. Aspek keamanan bukanlah satu-satunya faktor yang menjadi pertimbangan kenapa orang lebih memilih suatu browser tertentu dan bukan browser lainnya. Masih banyak faktor lainnya misalnya saja kecepatan, tampilan antarmula, fitur yang diusung, kinerja dan sebagainya.

Jadi bisa dikatakan, penilaian terhadap hal tersebut sebenarnya cukup subyektif. Tergantung selera masing-masing penggunanya. Pada tulisan ini saya ingin membuat perbandingan antara browser Internet Explorer dan Mozilla Firefox ditinjau dari sisi keamanannya. 

Closed Source vs Open Source
Internet Explorer merupakan produk perangkat lunak yang sifatnya closed source. Itu artinya pengguna tidak bisa mengetahui bagaimana sebenarnya “jeroan” dari software tersebut. Bagaimana mungkin kita bisa tahu lha wong source code-nya saja ditutupi, logikanya kan begitu. Jadi, pengguna hanya bisa mengandalkan kepercayaan kepada pembuat software tersebut. Ya, bisa dibilang untung-untungan.
Berbeda dengan Internet Explorer, Mozilla Firefox merupakan software open source. Artinya, pengguna tidak hanya mempunyai hak pakai saja tapi juga bisa mendapatkan source code dari software tersebut. Bahkan pengguna diperkenankan untuk mengubah software tersebut sesuai dengan yang ia inginkan.
Dari kedua sifat software tersebut, mana yang lebih aman, closed source atau open source? Kalau menurut saya keduanya tidak bisa dijadikan patokan untuk mengukur seberapa aman suatu software. Ada hal lain yang lebih penting yaitu seberapa cepat software tersebut tersedia versi update-nya begitu ada celah keamanan yang ditemukan. Nah, dalam hal ini Firefox lebih unggul daripada Internet Explorer.

Daya Tahan Terhadap Virus dan Malware
Kalau menyangkut urusan yang satu ini rasanya baik Internet Explorer maupun Mozilla Firefox masing-masing sudah punya mekanisme tersendiri untuk mengantisipasinya. Hanya saja mungkin yang membedakannya yaitu masalah platformnya. Internet Explorer hanya bisa jalan di sistem operasi Windows, sedangkan Mozilla Firefox tidak hanya jalan di Windows saja tapi juga di sistem operasi lainnya seperti Linux.
Seperti yang kita tahu, Linux lebih tahan terhadap serangan virus dibandingkan dengan Windows. Jadi bisa dibilang Mozilla Firefox lebih aman daripada Internet Explorer apabila dijalankan di atas sistem operasi Linux.

Ya, memang penilaian ini sifatnya sangat subyektif. Masing-masing orang saya yakin mempunyai pandangan yang berbeda-beda. Bagaimana dengan Anda, apakah memiliki penilaian yang sama atau justru beda dengan saya?

 

2 komentar:

  1. asfa blog said,

    kalau menurut saya bagusan mozila gan,enak dan mantap

    on 27 Juni 2011 pukul 19.31  


  2. egi said,

    @asfa : sama gan saya jg, hehe

    on 27 Juni 2011 pukul 21.07  


Posting Komentar